Baru

6/recent/ticker-posts

Troubleshooting Komputer

Waktu menyalakan komputer si Fulan kaget kok nggak bisa nyala padahal saat itu harus membuat laporan yang akan digunakan untuk keperluan rapat. Waooo pusing deh mau panggil tukang servis waktunya nggak mungkin kira-kira apa solusinya yaaaaaaa........
Nggak usah khwatir disini akan diulas tentang penanganan troubleshooting komputer.
Tabel Pendeteksian Masalah:
No Komponen Pendeteksian Masalah
--------------------------------------------------------------------------------
1. Power Supply Analisa Pengukuran
2. Motherboard
3. Speaker
--------------------------------------------------------------------------------
4. RAM Analisa Suara
5. VGA Card + Monitor
--------------------------------------------------------------------------------
6. Keyboard Analisa Tampilan
7. Card I/O
8. Disk Drive
9. Disket

Dari table diatas dapat dikelompokkan dalam 3 analisa yaitu:
a. Analisa Pengukuran
Pada tahapan ini, pendeteksian masalah dengan cara mengukur tegangan listrik pada komponen nomor 1 sampai 3. Gunakan alat bantu seperti multitester untuk mengukur tegangan yang diterima atau diberikan komponen tersebut.
Contoh : Mengukur tegangan listrik yang diterima oleh Power Supply, lalu mengukur tegangan yang diberikan oleh Power Supply ke komponen lainnya.

b. Analisa Suara
Pada tahapan ini pendeteksian masalah menggunakan kode suara (beep) yang dimiliki oleh BIOS dan dapat kita dengar lewat PC Speaker. Pastikan kabel PC Speaker sudah terpasang dengan baik. Kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 4 dan 5. Untuk mempermudah pengenalan kode suara tersebut, silakan simak keterangan berikut :
# Bunyi beep pendek satu kali, artinya sistem telah melakukan proses Boot dengan baik.
# Bunyi beep pendek 2 kali, artinya ada masalah pada konfigurasi atau seting pada CMOS.
# Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 1 kali, artinya ada masalah pada Motherboard atau DRAM.
# Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 2 kali, artinya ada masalah pada monitor atau VGA Card.
# Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 3 kali, artinya ada masalah pada Keyboard.
# Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 9 kali, artinya ada masalah pada ROM BIOS.
# Bunyi beep panjang terus-menerus, artinya ada masalah di DRAM.
# Bunyi beep pendek terus-menerus, artinya ada masalah penerimaan tegangan (power).
# Pada beberapa merk Motherboard akan mengeluarkan bunyi beep beberapa kali apabila temperatur processornya terlalu tinggi (panas).

Catatan : kode bunyi beep diatas berlaku pada AWARD BIOS, untuk jenis BIOS yang lain kemungkinan memiliki kode bunyi beep yang berbeda.

c. Analisa Tampilan
Pada tahapan ini pendeteksian masalah cenderung lebih mudah karena letak permasalahan dapat diketahui berdasarkan pesan error yang ditampilkan di monitor. Kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 6 sampai 9.
Contoh : Pada saat komputer dinyalakan tampil pesan Keyboard Error, maka dapat dipastikan letak permasalahan hanya pada Keyboard.

Cara Cepat Mengenali Troubleshooting
1. Apabila terjadi masalah dan sistem masih memberikan tampilan pesan pada monitor atau disertai dengan bunyi beep 1 atau 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 6 sampai 9, yaitu pada Keyboard, Card I/O, Disk Drive dan Disket.
2. Apabila terjadi masalah dan sistem memberikan kode bunyi beep lebih dari 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 4 dan 5, yaitu RAM, VGA Card dan Monitor.
3. Sedangkan untuk masalah yang tidak disertai pesan pada monitor atau kode bunyi beep, kemungkinan besar letak permasalahan ada di komponen nomor 1 dan 2, yaitu Power Suplly dan Motherboard.
Dengan semakin banyaknya pengetahuan kita di bidang komputer, jika suatu saat terdapat masalah pada komputer Anda kita dapat melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum membawa ke tempat servis, kalaupun harus membawa ke tempat servis kita sudah mengerti letak permasalahannya, jadi kita tidak dibohongi oleh tukang servis yang nakal L.
Dengan pemahaman troubleshooting komputer yang lebih dalam tentunya akan lebih mempermudah kita untuk mengetahui letak permasalahan dalam komputer dan tentunya akan lebih menyenangkan apabila kita dapat memperbaiki sendiri permasalahan tersebut. Semoga pembahasan sederhana tentang troubleshooting ini dapat bermanfaat
Selamat Mencoba—Jangan Takut RusakàSebelum Mencoba Jangan Bilang Nggak Bisa

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Assalamualaiakum wr wb....
    Pak, fadil ingin tanya, bagaimana cara data office word 2003 ke openoffice.org. mohon jawabannya.
    Terimakasih...

    Fadil
    fatkhulanam@gmail.com

    BalasHapus