» » » » Desa OS untuk pengguna komputer atau laptop di desa

Sistem operasi adalah hal yang wajib ada dalam sebuah komputer atau laptop. Namun, pernahkah terfikirkan oleh Anda bahwa warga desa bisa berdaulat dengan membuat dan memakai sistem operasinya sendiri?
Desa OS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Gerakan Desa Membangun atau sering disebut dengan GDM khusus untuk pengguna komputer atau laptop di desa. Sistem operasi ini didesain supaya dapat berjalan di komputer dengan spesifikasi rendah sekalipun. Jadi, jikalau komputer Anda adalah sebuah komputer jadul, Anda masih bisa untuk memakainya. Jangan pernah sekalipun berfikiran untuk dijual -karena gak bakalan laku :D -, cobalah hidupkan komputer jadul Anda itu dengan sistem operasi ini. Dijamin, komputer/ laptop Anda akan memiliki waktu hidup yang lebih lama.
Open Source (kode sumber terbuka) memungkinkan orang desa sekalipun dapat membuat distro Linux sendiri. Jadi mungkin saja Anda memodifikasi Desa OS menjadi PuskoMedia OS ataupun sesuai selera Anda sendiri.
Desa OS dikembangkan menggunakan basis linux. Namun, Anda tidak perlu khawatir Desa OS akan susah untuk digunakan. Sifat Linux yang
Hal yang unik dari Desa OS adalah Anda bisa mendapatkan Sistem Informasi Desa (SIDESA 2.0) secara gratis untuk tata kelola pemerintahan desa. SIDESA membuat pemerintah desa dapat melayani warganya dengan lebih efisien, cepat, dan tepat.
Fitur unggulan kedua adalah SIKOMAR, Sistem Komunikasi antar Rakyat. SIKOMAR membuat Anda bisa melakukan panggilan telfon secara gratis menggunakan jaringan. Jika dalam satu Desa tercakupi oleh satu jaringan nirkabel, maka sangat mungkin sekali para warga tidak perlu mengeluarkan pulsa hanya untuk menelfon tetangganya.
Ini adalah zaman di mana menjadi orang desa bukanlah sesuatu yang memalukan. Kita harus bangga menjadi orang Desa.
Untuk mendapatkan Desa OS, Anda dapat mengunduhnya dari:

Download DesaOS

Sumber : http://desaos.web.id/

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

3 comments:

  1. bisa di pakai di pentium 3 gak pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu BISA dengan RAM min. 128 MB, berbasis Linux Debian, Legal dan tanpa harus ribet bayar lisensi tahunan. Sudah lengkap dengan aplikasi Perkantoran, Internet dan Multimedia. Bisa nulis, chating, facebook-an, sampai nyetel lagu dan nonton film sepuasnya. Konek modem dan printer juga bisa.

      Hapus
  2. Size file iso nya berapa GB yh ??
    Thx

    BalasHapus